Pak Pudji Sang Debu


Pak Pudji belajar pengobatan mulai tahun 1998, waktu itu beliau mengikuti sebuah MLM untuk mencari penghasil-dan bisa menolong seseorang, ketika itu terjadi dilema dengan harga obatnya mahal dan keharusan terapi secara kontinyu dengan kondisi ekonomi yang lemah. Hal ini memicu beliau untuk memahami lebih dalam bidang pengobatan agar bisa memperoleh solusi pengobatan yang murah tapi efektif.
Pembelajaran dimulai dengan mempelajari ilmu beladiri yang juga mengajarkan teknik pengobatan diikuti belajar refleksi secara otodidak, kemudian dilanjutkan dengan mengikuti kursus akupresur (th 2001) dan akupungture (th 2003) di Kembang Pala. Perkembangan berikutnya penulis menyebarkan ilmu ini ke teman-teman beliau sambil belajar mengajar serta mendalami ilmu yang telah diperoleh lewat buku-buku penunjang atau diskusi dengan orang-orang yang berkompeten dibidang ini.

Akhir tahun 2003, pemilik akun facebook Sang Debu ini membentuk kelompok dengan nama Tim An-Nahl yang beranggotakan teman-teman dan orang-orang yang pernah belajar ke Pak Pudji. Disini kita mengembangkan ilmu pengobatan Akupunktur Terapan dengan system holistic dimana kita menggabungkan seluruh ilmu-ilmu yang ada untuk saling menutupi kekurangan satu teknik perawatan dengan teknik perawatan yang lainnya.
 
Tahun 2004, Gurunya para terapis An Nahl ini diminta mengisi Talk Show “Solusi Sehat” di Radio Suara Purwokerto 92,3 FM hingga sekarang. Sampai hari ini kegiatan penulis di Tim An-Nahl rutin membina dan diskusi dengan teman-teman tim, mengajar dengan system reguler maupun privat dalam dan luar kota, terapi dan menganalisa herba serta menulis dan Talk Show di Radio Suara Purwokerto FM.
Pak Pudji Hartanto telah menulis buku bertemakan Pengobatan Holistic dalam 6 Jilid.  Buku tersebut mengupas tentang Filosofi dasar Pengobatan Holistik dan Meredian, Penyebab Penyakit, Klasifikasi dan Analisa Penyakit, Mengenal Berbagai Macam Teknik Terapi, Kapita Selecta, dan Terapi Herba, Analisa Resep Herba dan Pengenal Tumbuhan Obat
rujukan :
http://kursusramuan.anjrahuniversity.com/50-2-biodata-pemateri-kursus-ramuan-indonesia-sang-peramu-dokter-herbal-tradisional/

Komentar