Temulawak tanaman Indonesia

TEMULAWAK

Temulawak adalah salah satu tanaman asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza, tanaman herbal ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat, Oleh karena itu, temulawak sering dibudidayakan di dataran tinggi untuk diolah menjadi obat, suplemen atau dijual langsung.
Di dalam temulawak terdapat banyak zat yang bermanfaat, mulai dari protein, serat, mineral, dan kurkumin. 
Selain itu, terdapat tiga zat aktif yang terkandung dalam temulawak, : 
~ Germakron, yang bersifat antiradang dan menghambat pembengkakan;
~ P-toluilmetilkarbinolan seskuiterpen d-kamper, meningkatkan produksi dan empedu.
~ Turmeron, antimikroba.

Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. 
Kurkumin bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).
Temu lawak memiliki efek farmakologi sebagai  hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi.
Manfaat lainnya dari Temulawak adalah, meningkatkan nafsu makan, melancarkan ASI, dan membersihkan darah.
Selain dimanfaatkan sebagai jamu dan obat, temu lawak juga dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat dengan cara diambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan, ganguan lambung, maag, kelebihan asam lambung , perih di lambung dan berbagai ganguan yg terkait dengan lambung dan pencernaan,
Di sisi lain, temu lawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti.

#temulawak 
#Gastrohiu 
#atasimaag 
#atasiganguanlambung 
#atasigangguanpencernaan
#herbalindoutama #herbaltepatguna #pilihansehatandasekeluarga #traditionalherbalmedicine #alamiberkhasiat #alamitanpaBKO

Komentar